THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 06 Oktober 2011

Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bank Commonwealth

PT Bank Commonwealth (“Commonwealth Bank”) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank Australia (“CBA”). Pada awalnya CBA hadir di Indonesia dengan membuka sebuah Kantor Perwakilan pada tahun 1990. Pada tahun 1997, sebuah bank patungan, yaitu PT BII Commonwealth didirikan untuk menyediakan jasa perbankan korporasi kepada badan usaha Indonesia dan badan usaha lainnya. Pada tahun 2000, PT BII Commonwealth mengganti namanya menjadi PT Bank Commonwealth, di mana CBA menjadi pemegang saham mayoritas.
Pada akhir tahun 2007, PTBC melakukan akuisisi atas kepemilikan saham Bank ANK (83%), sebagai bagian dari strategi untuk memperkuat posisi pasar di wilayah Jawa Timur.
Merekrut karyawan merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah. Di satu sisi, sumber daya manusia (SDM) di Indonesia saat ini boleh dibilang melimpah ruah. Ibaratnya, sekali pasang iklan, dijamin berbondong-bondong orang melamar. Namun, di sisi lain, pada saat yang sama, kuantitas SDM yang “bertumpuk-tumpuk” itu tidak serta merta diimbangi kualitas yang memadai.
Setidaknya ada dua cara yang biasa dilakukan perusahaan dalam merekrut karyawan. Perekrutan internal dan eksternal. Perekrutan internal merupakan upaya mengisi kekosongan posisi dari seseorang yang telah bekerja di perusahaan. Biasanya hal itu disebabkan adanya penugasan pekerjaan yang lebih tinggi atau rendah. Perekrutan eksternal merupakan upaya untuk mengisi kekosongan posisi dengan pelamar dari luar perusahaan.
Disini saya akan menjelaskan pengalaman seorang karyawan PT Bank Commonwealth, yang bernama Fitri. Menurut Pengalaman karyawan tersebut, perusahaannya dalam merekrut calon tenaga kerja yakni dengan membuat iklan lowongan pekerjaan di website perusahaan.
Pertama yang dilakukan oleh calon tenaga kerja tersebut adalah, menyerahkan Curriculum Vitae (CV) kepada perusahan. Selanjutnya calon tenaga kerja tersebut mengikuti Tes Psikotes yang di sediakan oleh perusahaan tersebut, dimana Tes Psikotes ini di gunakan untuk pengujian / tes tentang keadaan watak atau karakter seseorang, menguji kemampuan (ability), bakat (aptitude), kecerdasan (intelegence), kepribadian (personality), minat (interst). Setelah Tes Psikotes, calon tenaga kerja tersebut diinterview oleh HRD. Dimana keberadaan HRD merupakan salah satu kunci keberhasilan mendapatkan pegawai yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria perusahaan. Karena itulah, sebelum informasi lowongan disebarluaskan, HRD akan diberikan informasi mengenai kriteria calon tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan. Calon tenaga kerja tersebut telah memenuhi kriteria calon tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, selanjutnya melakukan tes Medical Check Up. Dimana Medical Check Up ini, calon tenaga kerja di tes kesehatan seluruhnya dari cek darah hingga tes urin. Setelah dinyatakan lulus tes kesehatan, calon tenaga kerja tersebut diberi surat kontrak dan disuruh membaca kontrak dengan seksama. Apabila kontrak yang diberikan sesuai keinginan dengan calon tenaga kerja, maka calon tenaga kerja tersebut menandatangani kontrak tersebut. Calon tenaga kerja tersebut mulai bekerja sesuai bidang yang dibutuhkan oleh perusahaannya.

Sumber :
Karyawan PT Bank Commonwealth
http://hermansah.wordpress.com/2009/04/28/pergunakan-berbagai-metode-dalam-rekrut-karyawan/
http://www.commbank.co.id/upublic/mod_home/default_content.aspx?code=pr_history

0 komentar: